PENILAIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN

Dasar Hukum

  1. Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok Pokok Kepegawaian Jo.  Tentang Perubahan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 Tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil
  3. Surat Edaran Kepala BAKN Nomor 02/SE/1980 tanggal 11 Pebruari 1980 tentang Penilaian Pelaksaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil

Dalam rangka usaha untuk lebih menjamin obyektifitas dalam pembinaan PNS berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kerja, maka dikeluarkan Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 1979, tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (P-3) PNS (conduite staat).

Hasil penilaian dituangkan dalam Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP-3) yang memuat hasil P-3 seorang PNS selama 1 (satu) tahun yang dibuat oleh pejabat penilai.

Setiap tahun mulai bulan Januari sampai dengan bulan Desember dalam tahun yang bersangkutan, dilakukan penilaian atas pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh setiap Pegawai Negeri Sipil. Penilaian atas pelaksanaan pekerjaan Pegawai Negeri Sipil tersebut dituangkan dalam suatau daftar.

Tujuan dari Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan adalah untuk memperoleh bahan-bahan pertimbangan yang obyektif dalam pembinaan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kerja.

Sesuai dengan tujuannya, maka Dafftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan harus dibuat seobyektif dan seteliti mungkin berdasarkan data yang tersedia. Untuk itu, maka setiap pejabat yang berwenang membuat dan memelihara catatan mengenai Pegawai Negeri Sipil yang berada dalam lingkungannya masing-masing.

Unsur-unsur yang dinilai dalam penilaian pelaksanaan pekerjaan adalah :

1. Kesetiaan ; adalah kesetiaan, ketaatan dan pengabdian kepada Pancasila , UUD-45, Negara dan Pemerintah.

Kesetiaan adalah tekad dan kesanggupan mentaati, melaksanakan dan mengamalkan sesuatu yang ditaati dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab.

Pengabdian adalah penyumbangan pikiran dan tenaga secara ikhlas dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan golongan atau pribadi.

2. Prestasi kerja adalah hasil kerja yang dicapai oleh seseorang PNS dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya

Prestasi kerja dapat dipengaruhi oleh : kecakapan, ketrampilan, pengalaman dan kesungguhan PNS yang bersangkutan.

3. Tanggung jawab adalah kesanggupan seorang PNS dalam menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan kepadanya dengan sebaik-baiknya dan tepat pada waktunya serta berani memikul resiko atas keputusan yang diambilnya atau tindakan yang dilakukannya.

4. Ketaatan adalah kesanggupan seorang PNS untuk mentaati segala peraturan perundangan kepegawaian dan peraturan kedinasan yang berlaku, mentaati perintah kedinasan yang diberikan oleh atasan yang berwenang, serta kesanggupan untuk tidak melanggar larangan yang ditentukan.

5. Kejujuran adalah ketulusan hati seorang PNS dalam melaksanakan tugas dan kemampuan untuk tidak menyalahgunakan wewenang yang diberikan kepadanya.

6. Kerjasama adalah kemampuan seorang PNS untuk bekerja bersama-sama dengan orang lain dalam menyelesaikan sesuatu tugas yang ditentukan sehingga mencapai daya guna dan hasil  guna yang sebesar-besarnya.

7. Prakarsa adalah kemampuan seorang PNS untuk mengambil keputusan kepegawaian, langkah-langkah atau melaksanakan suatu tindakan yang diperlukan dalam melaksanakan tugas pokok tanpa menunggu perintah dari atasan.

8. Kepemimpinan adalah Kemampuan seorang PNS untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat dikerahkan secara maksimal untuk melaksanakan tugas pokok. (Khusus untuk PNS yang berpangkat Pengatur Muda golongan ruang II/a ke atas yang memangku suatu jabatan).

PEJABAT PENILAI

Pejabat penilai adalah atasan langsung PNS yang dinilai, dengan ketentuan :

  1. Serendah-rendahnya Kepala Urusan atau pejabat lain yang setingkat dengan itu, kecuali ditentukan lain oleh Menteri, Jaksa Agung, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara, Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Departemen, dan Gubernur dalam lingkungan masing-masing.
  2. Pejabat penilai dapat memberikan penilaian apabila ia telah membawahi PNS yang bersangkutan sekurang-kurangnya 6 bulan, kecuali untuk suatu mutasi kepegawaian maka pejabat penilai dapat melakukan penilaian pelaksanaan pekerjaan dengan menggunakan bahan-bahan yang ditinggalkan oleh pejabat yang lama.
  3. Pejabat penilai berkewajiban melakukan penilaian terhadap PNS yang secara langsung berada di bawahnya.
  4. Penilaian dilakukan pada bulan Desember tiap-tiap tahun,  jangka waktu penilaian mulai bulan Januari sampai dengan Desember dalam tahun yang bersangkutan.

KEWAJIBAN PEJABAT PENILAI :

  1. melakukan P-3 terhadap PNS yang berada di bawahnya.
  2. mengisi dan memelihara buku catatan penilaian yang memuat catatan tingkah laku/perbuatan/tindakan PNS yang menonjol baik yang positif atau negatif selama 5 tahun. Buku catatan P-3 PNS yang diangkat menjadi Pejabat Negara, sedang menjalankan tugas belajar, diperbantukan/dipekerjakan pada perusahaan milik negara, organisasi profesi, badan swasta yang ditentukan, negara sahabat atau badan internasional tetap dipelihara oleh Pejabat Penilai dari instansi induk dengan menggunakan bahan-bahan dari pimpinan yang bersangkutan di mana PNS tersebut bekerja atau tugas belajar.

KETENTUAN BAGI CPNS :

  1. DP-3 hanya dibuat dalam tahun yang bersangkutan apabila sampai dengan Desember telah 6 bulan menjadi CPNS.
  2. Apabila belum 6 bulan menjadi CPNS, P-3 dilakukan dalam tahun berikutnya.
  3. CPNS yang akan diangkat menjadi PNS, P-3 dilakukan sekurang-kurangnya 1 tahun menjadi CPNS terhitung mulai secara nyata melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1976 Pasal 12 jo Peraturan pemerintah Nomor 98 Tahun 2000 Pasal 14, sehingga tidak usah lagi dibuat DP-3 nya pada Desember tahun yang bersangkutan.

TATA CARA PENILAIAN

Nilai dinyatakan dengan sebutan dan angka sebagai berikut :

Amat baik              : 91 – 100

Baik                       : 76 – 90

Cukup                    : 61 – 75

Sedang                  : 51 – 60

Kurang                  : 51 ke bawaH

Pedoman Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan :

  • Lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979,
  • Setiap unsur penilaian harus ditentukan dulu nilainya dalam angka, kemudian ditentukan dalam sebutan.
  • Hasil penilaian dituangkan dalam DP-3

KEBERATAN TERHADAP NILAI DALAM DP-3

PNS yang merasa keberatan atas nilai yang tercantum dalam DP-3 yang ber-sangkutan baik sebagian maupun keseluruhan nilai, dapat mengajukan keberat-an secara tertulis disertai alasan-alasan kepada atasan pejabat penilai melalui hirarki. Keberatan dituliskan dalam DP-3 pada tempat yang telah disediakan. Keberatan tersebut harus sudah diajukan dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari terhitung mulai ia menerima DP-3 itu. Keberatan yang diajukan melebihi batas waktu 14 (empat belas) hari menjadi kedaluwarsa dan tidak dapat dipertimbangkan lagi. Walaupun PNS yang bersangkutan keberatan terhadap nilai dalam DP-3 nya ia tetap harus menandatangani DP-3 tersebut. Pejabat penilai setelah menerima keberatan dari PNS yang dinilai membuat tanggapan secara tertulis atas keberatan yang diajukan oleh PNS yang dinilai. Tanggapan tersebut dituliskan dalam DP-3 pada ruang yang telah disediakan. DP-3 yang telah ditanda-tangani oleh pejabat penilai dan PNS yang dinilai dikirimkan oleh pejabat penilai kepada atasan pejabat penilai selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari terhitung mulai ia menerima kembali DP-3 itu dari PNS yang dinilai

silahkan donwload

  1. Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok Pokok Kepegawaian Jo.  Tentang Perubahan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1974
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 Tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil
  3. Surat Edaran Kepala BAKN Nomor 02/SE/1980 tanggal 11 Pebruari 1980 tentang Penilaian Pelaksaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil
  4. Peraturan pemerintah Nomor 98 Tahun 2000
About these ads

Posted on 12 Maret 2010, in kepegawaian and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: