PENDATAAN TENAGA HONORER JILID DUA

Ada kabar gembira bagi tenaga honorer. Akan ada pendataan tenaga honorer jilid dua

Pengangkatan Tenaga Honorer yang seharusnya tuntas pada tahun 2009, secara nasional masih menyisakan banyak permasalahan baik karena tercecer, mekanisme, maupun kecurangan.

Dalan pengangkatan TH Jilid I  terdapat 920.702 TH yang masuk dalam data base Badan Kepegawaian Negara (BKN), hanya 898.907 orang yang memenuhi kriteria PP 48 Th 2005 dan PP 43 Th 2007 dari jumlah tersebut ada 818.521 orang yang sudah ditetapkan Nomor Identitas Penagawai (NIP)-nya sisanya dalam proses penyelesaian karena menunggu kelangkapan administrasi, demikian penjelasan Edy Topo Ashari (Kepala BKN) dalam penjelasan sewaktu Komisi II DPR RI berkunjung ka Kantor BKN.tanggal 18 Maret 20210

Melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negar dan Reformasi  Nomor 05 Tahun 2010 tentang Pendataan Tenaga Honorer yang bekerja di lingkungan instansi Pemerintah, yang di tujukan kepada pembina kepegawaian Pusat dan Daerah mengisyaratkan akan ditindaklanjutinya  Pendataan TH Jilid II

Dalam lampiran SE tersebut di jelaskan kriteria tenaga honorer yang akan diangkat adalah dari Guru, Medis/paramedis dan tenaga teknis

Ada dua kategori  Tenaga Honorer yang bakal didata. Kategori I adalah honorer yang digaji APBD. Yakni, mereka yang diangkat pejabat berwenang, bekerja di instansi pemerintah, memiliki masa kerja minimal setahun pada 2005 dan hingga saat ini masih bekerja, serta berusia minimal 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun pada 1 Januari 2006. (memenuhi kriteria PP 48 Th 2005 dan PP 43 Th 2007)

Kategori II, honorer yang digaji tidak lewat APBD maupun APBN. “Kriterianya sama dengan kategori pertama.

Selamat bekerja ekstra lagi kepada pengelola kepegawaian di instansi Pusat dan Daerah

Sumber : Buletin BKN edisi XII

Ada kabar gembira bagi tenaga honorer. Akan ada pendataan tenaga honorer jilid dua

Pengangkatan  Tenaga Honorer yang seharusnya tuntas pada tahun 2009, secara nasional masih menyisakan banyak permasalahan baik karena tercecer, mekanisme, maupun kecurangan.

Dalan pengangkatan TH Jilid I  terdapat 920.702 TH yang masuk dalam data base Badan Kepegawaian Negara (BKN), hanya 898.907 orang yang memenuhi kriteria PP 48 Th 2005 dan PP 43 Th 2007 dari jumlah tersebut ada 818.521 orang yang sudah ditetapkan Nomor Identitas Penagawai (NIP)-nya sisanya dalam proses penyelesaian karena menunggu kelangkapan administrasi, demikian penjelasan Edy Topo Ashari (Kepala BKN) dalam penjelasan sewaktu Komisi II DPR RI berkunjung ka Kantor BKN.tanggal 18 Maret 20210

Melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negar dan Reformasi  Nomor 05 Tahun 2010 tentang Pendataan Tenaga Honorer yang bekerja di lingkungan instansi Pemerintah, yang di tujukan kepada pembina kepegawaian Pusat dan Daerah mengisyaratkan akan ditindaklanjutinya  Pendataan TH Jilid II

Dalam lampiran SE tersebut di jelaskan kriteria tenaga honorer yang akan diangkat adalah dari Guru, Medis/paramedis dan tenaga teknis

Ada dua kategori tenaga honorer yang bakal didata. Kategori I adalah honorer yang digaji APBD. Yakni, mereka yang diangkat pejabat berwenang, bekerja di instansi pemerintah, memiliki masa kerja minimal setahun pada 2005 dan hingga saat ini masih bekerja, serta berusia minimal 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun pada 1 Januari 2006. (memenuhi kriteria PP 48 Th 2005 dan PP 43 Th 2007)

Kategori II, honorer yang digaji tidak lewat APBD maupun APBN. “Kriterianya sama dengan kategori pertama.

Kasih komentar dong, agar aku bisa silaturahmi.

Selamat bekerja ekstra lagi kepada pengelola kepegawaian di instansi Pusat dan Daerah

Sumber : Buletin BKN edisi XII

Surat Edaran Menpan klik

Lampiran Iia

Lampiran IIb

Tulisan yang sesuai :

1. PNS diberhentikan karena mencapai batas usia pensiun.

2. Pemberhentian CPNS

3. Tahapan-tahapan pengangkatan dan penempatan PNS

4, Ciptakan inprin yang baik

Posted on 13 Juli 2010, in kepegawaian, peberhentian and tagged , , , . Bookmark the permalink. 44 Komentar.

  1. Bos,, aku kerja sebagai guru wiyata bhakti di SD Negeri sejak tahun 2003 tapi waktu itu aku masih pakai ijazah SMA. ak mengajar sambil kuliah. Lulus D2 PGSD tahun september 2005. waktu pendataan th 2005 aku g masuk data base coz masa kerja gak ada 1 tahun karena pengabdianku sejak 2003 gak diakui karena ijazah tidak relevan. sekarang ak masih mengajar di Sekolah Dasar Negeri diangkat oleh Kepala Sekolah. ak punya SK 2 yaitu TMT 2003 dan TMT sept 2005. umurku sekarang 33th bos. menurut pak bos nasipku kedepan bagaimana ya,,, tolong dijawab. kirimkan ke email juga lebih oke. trimss bosss…

  2. kalau saudara bekerja di instansi pemerintah, masih dimungkinkan, nanti dites diantara tenaga honorer

  3. aq guru smp negeri. honorku dari dana BOS. aq juga dpt tunjangan fungsional 250/bln. mulai kerja juli 2005. kira2 nasibku gimana ya bos, kan per 31 desember 2005 belum satu tahun.

  4. pak saya sudah mengabdi di dinas perhubungan propinsi bengkulu selama kurang 10 tahun tapi terputus-putus pertama kali saya di angkat tahun 1996-2003 dan kembali berkerja sebagai tenaga honor tahun 2009 sampai sekarang,bagai manna tanggapan bapak/ibu di bkn pusat

  5. Mau ada Pendataan jilid 2, 3, 4. & Surat Edaran, Surat Wasiat skalipun.
    Klo PP 43 Tahun 2007 msih mmbatasi per 31 Des 2005. Tetep aza gk brpengaruh bagi honorer Tmt 2005 keatas.
    Prtanyaannya:
    _kenapa harus dibatasi
    _2010 Pmerintah ingin 70% Cpns dari Umum, karna ingin tenapa Fresh. Maksudnya apa?
    Fresh= blm brpngalaman.
    Honorer= Pngalaman + sudah mgabdikan diri + pngorbanan dkarnakan gajinya Miris.
    Prioritaskanlah honorer. jng mau tenaganya saja.
    ( hehe. jd curhat)

  6. yusup purwanto

    bos bagaimana kalau gtt di smk negeri sejak Juli 2005, kira-kira bisa masuk database tidak? soalnya pada waktu itu sekolah baru berdiri, dan masa kerja sejak bulan Juli 2005 atau mulai tahun ajaran baru.jadi kalau sesuai aturan pp masa kerja kami kurang 6 bulan, padahal di lembaga sekolah masa kerja dimulai setiap ajaran baru bukan per 1 januari, di samping itu sebelum pp 48 keluar kami sudah mengabdi di smk negeri. tolong dijelaskan bos!!!!!

  7. pa… tes mengacu pada anggaran pemerintah daerah atau tidak ? kalo mengacu pada anggaran berarti ada kuota di tiap daerah ? minta penjelasannya makasi

  8. kalau tes honor berarti dibatasi tenaga honorernya apakah tes hanya formalitas saja ? yang masuk kategori II berarti belum jelas juga ? mereka menghayal sudah langsung dianggkat ? dan mengarapkan sudah jadi langsung PNS stelah pemberkasan kategori II ? apakah kategori II tes dibedakan sesuai dengan ijazah ? penjelasan makasih

    • Sdr. Yuradi honorer kategori II adalah honorer yang sesuai PP 48 Th 2005 dan PP 43 Th 2007 tetapi pembayarannya tidak dari APBN/APBD, rencananya diantara mereka akan dilakukan ujian, jumlah kelulusan disesuaikan dengan formasi yang tersedia

  9. Bos aku honorer penjaga SDN sejak Januari 1995 sampai sekarang , aku termasuk katagori yang mana dan berkas apa saja yang harus aku persiapkan , mohon penjelasan bos trims.

    • mat plon yang didata adalah TH yg bekerja diinstansi pemerintah terus menerus, pada akhir th 2005 berusia minim 19 th max 46 th, th 2006 punya masa kerja 1 tahun, dan digaji dari APBN/APBD untuk kategori I, bisa seperti itu syaratnya terpenuhi, hubungi atas secara hirarkhis

  10. Bos dalam SE No 5 Th.2010 dikatakan apabila pada tanggal 31 Agustus 2010 instansi pusat dan daerah tidak mengirimkan data honorer maka dianggap tidak memiliki tenaga honorer , kalimat tersebut membingungkan karena dalam katagori 2 data harus dikirim akhir desember 2010 , kalau mengacu tanggal 31 agustus 2010 hilang semua data katagori 2 , karena katagori 1 dan 2 sangat berkaitan bedanya hanya Non APBN/APBD mohon penjelasan bos trims.

    • mas plon, yang dimaksud untuk TH kategori 1 (APBN/APBD) paling lambat tanggal 31 Agustus 2010, TH Kategori 2 (Non APBN/APBD) penyerahannya akhir Desember 2010, apa bila tgl dimaksud instansi tidak mengirimkan maka dianggap ditidak memiliki tenaga honorer sesuai kategori.

  11. untuk tes tenaga honorer kira-kira kapan ya bos…?

  12. Mau Tanya Apa Tunjangan Fungsional Itu Termasuk APBN…..??

    • Tunjangan fungsional utuk tenga fungsional tertentu (guru, medis, dll) atau tunjangan fungsional umum, keduanya diberikan kepada PNS itu yang dari APBN/APBD

  13. tolong penjelasan dong aku diangkat honorer pada tanggal 03 oktober 2005 berarti tidak masuk kep PP 48 dan 43 nah adakah kesempatan saya untuk menjadi PNS, kalo ngeliat dari pengesahan pp 48 aku diangkat honorer sebelum pp 48 keluar bagaimana nih tanggapan bos apakah saya masih ada peluang untuk diangkat menjadi cpns

  14. arif hendra wijaya

    Kenapa di kabupaten kami Banyuwangi tercinta,
    para PTT Sekolahan Negeri Tidak ada Yang masuk data Base !
    Padahal sudah di data tahun 2005 – sekarang ,
    cuman data saja yang masuk nyatanya di BKD kami tak masuk !

  15. Pak,ma tanya neh saudaraku dah 18 tahun jadi TH pertanian sama temanya ada 11 orang masa kerjanya minimal 10 tahun ke atas.saudaraku pernah curhat kpdku bahwa dia dan 11 orang tmnya di permainkan nasibnya oleh oknum tertentu di daerah.yg inggin saya tanyakan apa mereka bisa diangkat jadi CPNS dgn kebijakan pemerintah skrg?

  16. Saya Tenaga Honorer tahun 2005, bekerja di Kecamatan, tapi dalam pendataan saya tidak masuk kategori satu karena masa kerja kurang dari satu tahun, padahal saya di biayai APBD, masuk ke kategori mana dan apakah ada harapan bagi saya untuk di anagkat menjadai CPNS sedangkan bayak dari teman saya yang masuk kategori 1 padahal sama tenaga honorer tahun 2005, saya menjadi korban kebijakan daerah, mohon pertimbangan kepada pejabat di tingkat pusat. terima kasih

    • Sdr zenal arfin, bila saudara memenuhi kriteria PP 48 2007 ( diangkat pejabat yang berwenang, dibiayai APBN.APBD, bekerja diinstansi pemerintah, sudah mempunyai masakaerja 1 tahun pada th 2005 dan usia pada tah 2005 19 dan setinggi2nya 26 tahun) mungkin dapat masuk kategori I

  17. Pak saya mau tanya untuk pendataan tenaga honorer kategori 2 kapan waktu pelaksanaan pendataannya? terima kasih.

  18. Tolong dong kepada pimpinan BKN di awasi benar2 dong,jangan hanya diam menerima data dari kabupaten.di telusuri benar2 kalau perlu kirim tim untuk melakukan sidak.

    • sdr iwan, benar dan setuju, kelihatannya BKN yang manggandeng BPKP telah dan sedang melakukan verifikasi dan validasi ke masing-masing Kab/Kota, melihat ijasah, SK, bukti pembayaran yang asli, dan mengambil fito copy yang telah disahkan, insya allah akan lebih valid

  19. bos…pendataan belum jelas di pemda dki,khususnya di instansi Dinas Olahraga dan Pemuda Prov DKI Jkt, kepegwaiannya tidak bergerak untuk mendata tenaga honornya (sudah puluhan tahun). mohon petunjuk boz.. thanks

  20. Pak, untuk tenaga honorer kategori II apakah positif jadi PNS?, walau kompetisinya sesama Honorer. Apakah diurutkan?.Suwun.

    • sdri lasmi untuk TH kategori II ( memenuhi syarat PP 48 tetapi pembayarannya bukan APBN/APBD) dilakukan kompetisi anatar honorer, yang lulus yang diangkat menjadi PNS

  21. pak mau nanya ne, sy honerer ddinas pengairan sy trima honor sy dr APBD, tp SK bupati sy januari 2007,
    ap sy bs d angkat jd CPNS 2011 ini. . .??
    Tlong pak ya jwban_a. .
    Klo bs tlong ya pak ya jwban bpk krim k e-mail sy,
    sam_my99@yahoo.co.id

  22. Yth. Bapak yang mengerti ? Saya GTT mulai 1995 di MTs Swasta dan pada tahun 2005 saya pindah ke SMP Negeri jadi SK yang dibuat Kepala Sekolah berkelanjutan dari MTs Swasta ke SMP Negeri, Apa bisa masuk data base ya..pak ?

  23. Saya Honorer di Sudin PU Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2001, dan tidak terputus2 sampai saat ini yang gajinya dari non APBD, apakah saya kemungkinan bisa diangkat sebagai CPNS nantinya. Trims

  24. pak, mau nanya…! sy punya saudara mau ikut test bulan ini, tapi umurnya sudah 36 dan dia punya masa kerja 5 tahun sedangkan dipengumuman persyaratannya minimal 5 tahun masa kerja tapi ada lg dalam kurung 13 tahun pengalaman kerja. bagaimana itu pak, apakah pengalaman kerja 5 tahun tidak berlaku lg? dan kenapa masih di tulis pengalaman kerja serendah2nya 5 tahun. tolong beri penjelasan iya pak???? saya tunggu balasan bpk>>>

  25. Pak, mau tanya. Saya melanjutkan kuliah S2 setelah 4 thn diangkat jd PNS. Karena saya kuliah atas inisiatif sndiri, biaya sndiri, di luar daerah (jd tdk bertugas slama 2 thn). Apa saja hak yg masih saya terima? Karena sekarang saya hanya menerima gaji pokok tnpa tunjangan. Tapi info tman2 yg udah selesai S2, justru diminta mengembalikan gaji yg pernah diterima slama tugas belaji. Mohon penjelasanya, pak.

    • saudara denis, kuliah dengan inisiatif sendiri, biaya sendiri, bila mengantongi ijin belajar lebih baik, tetapi dengan tidak bekerja selama 2 tahun ini yang dapat menyulitkan, karena ijin belajar bunyinya salah satunya tidak mengganggu tugas pokok, masih untung mendapatkan gaji, bila tidak untung malah bisa dikeluarkan karena tidak masuk selama 3 bulan berturut-turut dikeluarkan dari PNS karena melanggar peraturan disiplin

  26. Trus gmn nasib honorer d lgkungan TNI..BOZ…yg non apbd/apbn

  27. Hamprhy Bangun

    mw tanya bang :
    1) Tenaga Honorer Kategori 1 (TH K1) dibiayai oleh APBD/APBN dan diberi SK oleh Pejabat yg benar menurut PP 48 tp tempat tugasnya salah (seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat – PKBM), apa bisa lulus TH K1
    2) Apa bisa Lulus Verval TH K1 yg honor bersumber dari Pihak Ketiga, kl tdk bisa kenapa bisa lulus Verval

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: