RPP PENGANGKATAN TENAGA HONORER MENJADI CPNS 2010

RPP ini memperlihatkan konsistensi Pemerintah terhadap janjinya di PP 43 Tahun 2007 dalam Penjelasan Pasal 6 Ayat (2) yang berbunyi

Tenaga honorer yang bekerja pada instansi pemerintah dan penghasilannya tidak dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, baru dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil apabila semua tenaga honorer yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah seluruhnya secara nasional telah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sebelum Tahun Anggaran 2009.

Dengan demikian, apabila masih terdapat tenaga honorer yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah belum diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sampai Tahun Anggaran 2009, maka tenaga honorer yang tidak dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tidak dapat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.

Apabila sebelum Tahun 2009 secara nasional tenaga honorer yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah telah selesai seluruhnya diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, maka tenaga honorer yang tidak dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang bekerja pada instansi pemerintah dapat diangkat menjadi Calon

Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebijakan nasional, berdasarkan formasi, analisis kebutuhan riil, dan kemampuan keuangan negara.

Pengangkatan Tenaga Honorer (TH) yang seharusnya tuntas pada tahun 2009, secara nasional masih menyisakan banyak permasalahan baik karena tercecer, mekanisme, maupun kecurangan.

Melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Nomor 05 Tahun 2010 tentang Pendataan Tenaga Honorer yang bekerja di lingkungan instansi Pemerintah, yang di tujukan kepada pembina kepegawaian Pusat dan Daerah mengisyaratkan akan ditindaklanjutinya  Pendataan TH Jilid II

Pembahasan mengenai honorer, khususnya tentang RPP tenaga honorer jilid II, terakhir dilakukan pada  26 April 2010 antara pemerintah yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE. Mangindaan, Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh, Menteri Agama Surya Darma Ali, Kepala Badan Kepegawian Negara, Edy Topo Ashari serta perwakilan beberapa Kementrian dan Gabungan Komisi I, VIII dan X DPR RI.

EE Mangindaan dalam kunjungannya ke BKN Jakarta  (18 Maret 2010) menyampaikan beberapa alternatif pengangkatan tenaga honorer, Yakni :

  1. Tenaga honorer yang dianggap memenuhi syarat sesuai dengan PP 48 Tahun 2005 dan PP 43 Tahun 2007, namun tercecer, terselip, tertinggal, maka diangkat tanpa melalui seleksi setelah dilakukan verifikasi dan validasi

  2. Tenaga Honorer yang memenuhi syarat sesuai dengan PP 48 Tahun 2005 dan PP 43 Tahun 2007,, TIDAK bekerja di Instansi Pemerintah, maka Pemerintah memberikan beberapa alternatif untuk pengangkatannya
  3. tenaga honorer yang diangkat oleh pejabat yang TIDAK berwenang, dibiayai  BUKAD oleh APBD/APBN, tetapi bekerja di instansi Pemeriantah, maka pemerintah memberikan solusi untuk mengadkan seleksi administrasi dan ujian tertulis antar honorer dengan formasi 30% pada masing-masing instansi.
  4. adapun tenaga honorer yang diangkat oleh pejabat yang TIDAK BerwenaNG , BEKERJA DI Instansi BUKAN pemerinatah dan dibiayai BUKAN APBN/APBD, maka tidak dapat dipertimbangkan menjadi CPNS

Ini masih sekedar RPP yang masih perlu pembahasan dan persetujuan dari pemerintah dan DPR, marilah kita berdoa, semoga aparat yang akan memutuskan dan mengelola diberikan kemudahan, kejujuran, dan komitmen yang baik untuk kemajuan bangsa.

Sumber Buletin BKN edisi XII

1. Surat Edaran Menpan 05 tahun 2010

- lampiran IIa

- Lampiran IIb

2. PP 48 Th 2005

3. PP 43 th 2007

Posted on 14 Juli 2010, in kepegawaian, peberhentian and tagged , . Bookmark the permalink. 45 Komentar.

  1. Saya telah melihat dan membaca bahwa telah ada respon pendataan di Mahkamah Agung, bagaimana dengan Dep. Keuangan ? Apakah honorernya akan dibiarkan begitu saja atau akan ikut merespon, saya minta bebijakanya kepada semua pihak yang bersangkutan khususnya di lingkungan Dep. Keuangan umumnya ke semua pihak yang bersangkutan penerimaan tenaga honorer menjadi CPNS. Terima kasih

  2. saya termasuk gak ya *ngarepmodeon*

  3. saya sebagai tenaga honorer yang sudah bekerja 4 tahun sampai sekarang belum ada sk bupati kita terima…..jadi bagaimana nasib kita …apa kita diangkat jadi cpns atau tida terima kasih.

  4. aku minta respon dari Pemerintah……dan bagaimana nasib saya kasian,,,,,Pemerintah selama ini tidak pernah keluarin pembuatan SK Bupati…. saya pernah minta SK Bupati tetapi dari hukum tolak katanya tidak ada pembuatan SK Bupati……

  5. saya honor di salah satu UPT Dinas Sosial mulai tahun 2004,
    tapi dapat SK Kepala Dinas Sosial tahun 2006
    Apa saya bisa termasuk kategori

  6. bagaimana dengan nasib guru yang telah mengabdi tanpa gaji apbn n apbd dgn hanya mengandalkan dana komite yang sangat terbatas?

  7. saya dah 3 tahun menjadi tenaga honorer dilingkungan DEP.KEU pa bisa diangkat menjadi CPNS juga ya.tolong perjuangkan nasib kami ni pa MENTERI,DPR RI dan pa PRESIDEN

  8. tolong aku kirimi surat edaran menpan lampiran IIa, IIb, PP48 dan PP 43 ke emailku ya bosss… trims banget..

  9. junidia puspita sari

    Saya honorer Dosen Luar Biasa STAIN BENGKULU tahun 2006 sampai sekarang, kira-kira kapan RPP disahkan jadi PP? Tlg konfirmasi k email saya. Dan pendataan jilid 2 apakah saya bs masuk database? Saya liat teman2 saya di dinas lain katanya mereka masuk database padahal khn baru honor tahun 2008. Mohon penjelasannya. Terima Kasih sebelumnya.

  10. Tolong kirimi surat edaran menpan lampiran IIa, IIb, PP48 dan PP 43 ke emailku sebab saya ini honor di dinas kesehatan kota yang sampai saat ini belum didata. Mulai TKS tahun 2004 usulan SK honor tahun 2005 keluar SK honor Tahun 2007. Jadi apa bisa masuk kategori untuk pendataan tenaga honorer???

  11. Saya Tanaga Honorer Di Lingkungan Dinas Pendidikan,
    Tepatnya sebagai penjaga sekolah, saya sudah mulai menjadi tenga honor dari tahun 2006, sedangkan di Surat Edaran tercantum tahun 2005 yang akan diangkat, sedangkan saya sudah digaji dari APBD. apakah saya juga ikut diankat ?
    terima kasih

    • Sdr Marasakti salah satu syarat pendataan adalah sudah mempunyai masa kerja 1 tahun pada tahun 2006, jadi anda belum masuk kategori iPP 48 2005 dn Pp 43 2007

  12. sy mengajar di SD 10 januari 2004 sampai 01 januari 2005,02 januari 2005 berlanjut di SMP,pada waktu pendataan tahun 2005 saya tidak bisa masuk data base dengan alasan masa kerja terputus di SD, Apakah bisa didata lagi pada tahun 2010 ? Soalnya didaerah saya yang didata hanya yang masuk data base aja,terus bagaimana nasib saya ini? mohon untuk diberitahu yg sebenarnya..

  13. Tapi menurut Infomasi yang saya dapat selama ini ditempat saya bekerja dan Informasi dari Ketua IPS (Ikatan Penjaga Sekolah) Bahwa yang sudah digaji oleh APBN & APBD wajib untuk mengumpulkan data..
    dan Informasi yang beredar juga bahwa yang sudah dibiayai oleh APBN atau APBD akan di angkat menjadi PNS..
    Terima kasih atas penjelasannya.

  14. YG NAMANYA PENYELESAIAN TENAGA HONORER JILID II INI PEMERINTAH SEHARUSNYA TDK PAKAI ATURAN YG NEKA-NEKO YG JELAS HONORER2 YG LEBIH LAMA PENGABDIAN/BEKERJA DIANGKAT LEBIH DAHULU DENGAN TANSPARAN DAN DIPUBLIKASIKAN SELAMA 15 HARI JANGAN PAKAI TAS..TES SEGALA KALO PAKAI TES INILAH BIANGNYA KKN TIDAK OBYEKTIF DALAM KENYATAANNYA… ORANG2 PINTAR PEJABAT PEMERINTAHAN JANGANLAH MEMPERSULIT, MEMPOLITISIR PERMASALAHAN TENAGA HONORER COBA DENGAR, BACA, PENDAPAT ORANG BODOH YG SELALU TERTINDAS DAN TERANIYA INI TRIMS….

  15. utami ningsih hitimala

    Saya Honor Di Min,saya menjadi guru mata pelajaran di sklah tersebut.dimulai pada tahun 2005 stlah saya lulus dari sma.Karena cita-cita saya menjadi guru mka dengan meminta ijindari kepala sekolah saya pun mengajar smbil kuliah keguruan dan di gaji dgn APBN.Apakah Saya Bisa Diangkat menjadi CPNS…..?

  16. kenapa saya di sd balearjosari 2 kec blimbing malang saya mengapdi sudah lama kok belum di angkat padahal saya puya anak 1 masih sukuwan honor saya satu bulan 175 ribu buat hidup satu bulan tdak cukup mohon pemerintah memikirkan nasip penjaga sekolah karena penjaga sekolah adalah ujung tombak pendidikan mohon di perhatikan dari agus sulistiyo sdn bale arjosari 2 kec blimbing

    • sdr Agus Sulistyo bila saudara memenuhi kriteria PP 48 2007 ( diangkat pejabat yang berwenang, dibiayai APBN.APBD, bekerja diinstansi pemerintah, sudah mempunyai masakaerja 1 tahun pada th 2005 dan usia pada th 2005 19 th dan setinggi2nya 26 tahun) mungkin dapat masuk kategori I

  17. TOLONG KAMI JUGA HONORER…. TERDAFTAR DI BKN HANYA SAJA KAMI BERADA DI DEPKEU, BAGAIMANA DENGAN NASIB KAMI, HARUS DENGAN JALAN APA LAGI UNTUK KAMI DAPATKAN SK, WALAUPUN BUKAN DI DEPKEU DIINSTANSI MANAPUN KAMI RELA ASALKAN KEBERADAAN KAMI DI AKUI BAHWA KAMI JUGA ADA WALAUAPUN ITU KAMI DIDEPKEU YANG TIDAK PERNAH DIAKUI, TERIMA KASIH BANYAK SEBELUMNYA KEPADA BKN YANG TELAH DAN MASIH MENGAKUI KAMI SEBAGAI TENAGA HONORER…. MAKASIH BANYAK JUGA KEPADA BAPAK MENTRI AGAR BISA MELIHAT DAN MENDENGARKAN BAHWA KAMI SANGAT MENGHARAPKAN PENGANGKATAN HONORER MENJADICPNS/PNS…. MAKASIH BANYAK ALLAHU AKBAR……………

  18. saya honor suda 8 th di SD NEGERI dan isri saya suda 13 th,saya masi kuliah keguruan,isti saya suda D2 dan baru selesai S1 tapi kami belum ada berita akan di angkat jadi PNS, karna kami keluarga yang miskin, ada di sekitar kami keluarga yg kaya baru 2 th honor suda jadi PNS , bisa kah kami berdua jadi PNS. . .? sebab kabarnya jadi PNS sekarang kalau D2itu perlu uang 80 jt dan S1 150 JT, kami orang tak mampu.tapi kami iklas untuk memajukan anak2 kami walau gaji yg kami terima itu sangat minim, tolona kami . . .?

    • sdr Apaten, bila saudara memenuhi kriteri PP 48 2007 ( dinagkat pejabat yang berwenang, dibiayai APBN.APBD, bekerja diinstansi pemerintah, sudah mempunyai masakaerja 1 tahun pada th 2005 dan usia pada tah 2005 19 dan setinggi2nya 26 tahun) mungkin dapat masuk kategori I

  19. saya THD per 1 april 2005 bekerja secara terus meneruh.. SK Bupati dan gaji dari APBD apakah saya masuk katagori I dalam SE menpan masslahnya saya belum setahun per 31 desember 2005 klau masih mengaju pada PP 48 jelas pengangkatan honorer tidak akan tuntas,
    tolong di pertimbangkan

    Trim

  20. kok yang di DEPKEU terutama tenaga lapangannya gak ada perhatian blas dari pemerintah, terutama yang dari tenaga pendata PBB, padahal teman saya ada yang udah sampai 16 tahun…

  21. sy bkerja d Pemda garut dr bln November 2004-november 2007 sy tdk d gaji, dr bln desember 2007-sekarang d gaji dr APBD, catatan slama dr thn 2004-sekarang sy msh bkerja tanpa henti dan tanpa terputus-putus.
    1). Apakah sy masuk kriteria pengangkatan jilid II?
    2). katanya terdapat 2 gelombang dlm pendataan,,gelombang 1 dr tahun 2005 yg memiliki pengalaman 1 thn dan gelombang 2 lg tggu PP yg bru yg mngganti PP 49,,kapan PP itu d sahkan, apa tggu para honorer kelaparan?
    3). Gelombang 1 sy tdk d minta pemberkasan apapun dr pihak kepegawaian dinas padahal sy mulai bekerja 2004 cuman tdk di biayai sma skali
    terimakasih atasperhatiannya, d sy tggu jawabannya

  22. YG NAMANYA PENYELESAIAN TENAGA HONORER DIINTANSI PEMERINTAH DARI AWAL SUDAH DIOTAK-ATIK… MOHON DICERMATI KLO SUDAH BEGINI MANA PP NYA?? KAPAN DIANGKAT CPNS ??? INILAH PERTANYAAN YG AKAN DIJAWAB BAHWA NEGARA SUDAH MORAT-MARIT KISMIN…UANG SUDAH BANYAK DIKORUP KALOPUN NANTI PP KELUAR ITU JELAS-JELAS AKAN MENGECEWAKAN NASIB HONORER BAHKAN NASIBNYA LEBIH MEPRIHATINKAN KARENA APA???? POLITIK KITA ADALAH POLITIK MENINDAS YG TIDAK KENAL DENGAN KEADILAN DAN KEMANUSIAAN HANYA MENGENAL KETIDAKADILAN DAN BUKAN MANUSIA BERSIAP-SIAPLAH MENERIMA KEADAAN INI WASSALAM…

    • Mas agus Namanya manusia, kewajiban kita mengingatkan, bila mungkin dengan kekuasaan kita, bila tidak mungkin dengan suara kita, yang paling lemah dengan doa kita

  23. mohon maaf saya ingin tanya:
    apakah dosen honorer (dosen luar biasa) juga masuk dalam kriteria rpp tersebut? terima kasih responnya

  24. saya honorer puskesmas tahun 2006 bulan januari, trus honorer daerah januari thn.2008, tapi saya bekerja dipuskesmas mulai januari 2006 sampai sekarang,kira-kira saya masuk dalam katagori untuk diangkat sebagai pegawai negri?mohon tanggapannya? trimakasih, wss wr wb.

    • Saudara david saudara tidak dapat terakomodir di tenaga honorer sesuai PP 43 dan PP 48, bila belum berusia 35 tahun sebaiknya anda masuk sebagai PNS lewat jalur formasi umum,

  25. Maf Pa, saya bekerja dintansi pemerinta yakni d smp negeri sejak tahun 2001 s/d sekarang dan saya juga mengikuti pemberkasan pendataan non APBN/APBD. bagaimana nasib saya selaku guru honor yang non APBN/APBD? kapan menjadi CPNSnya?

    • Muhammad saepu, maaf baru sekarang aku jawab, untuk tenaga honorer non APBN/APBD belum ada kabar yang jelas, baru dibuatkan dasar hukum untuk pengangkatannya melalui seleksi antar TH, tahun ini insya allah TH yang tertinggal dipertimbangkan

  26. DIYAH SURYANTI

    SAYA TENAGA HONORER ADMINISTRASI SMP N KATEGORI 2 NON APBD/APBN SEBENARNYA SUDAH DAPAT HONOR APBD TAPI SAYA TIDAK PUNYA SK BUPATI DAN SUDAH 20 TAHUN BELUM DIANGKAT CPNS UMUR 45 TH MOHON UNTUK SEGARA DIANGKAT ,KALAU BISA JANGAN TES , MASIH BANYAK YANG NASIBNYA SAMA SEPERTI SAYA MOHON SEGERA DITINDAKLANJUTI .

    • Sdr Diyah, untuk Honorer kategori 2 ( Non APBD/APBN), kelihatnnya tetap Tes, Mungkin anda bisa membaca Surat MENPAN di WEB BKN

      • DIYAH SURYANTI

        EE Mangindaan dalam kunjungannya ke BKN Jakarta (18 Maret 2010) menyampaikan beberapa alternatif pengangkatan tenaga honorer, Yakni :

        Tenaga honorer yang dianggap memenuhi syarat sesuai dengan PP 48 Tahun 2005 dan PP 43 Tahun 2007, namun tercecer, terselip, tertinggal, maka diangkat tanpa melalui seleksi setelah dilakukan verifikasi dan validasi, BERARTI SAYA TERMASUK YANG TERCECER TERSELIP TERTINGGAL KALAU DENGAN SYARAT TES SAYA TIDAK BISA KARENA BATASNYA 40 TH , MOHON TH YG UMUR 41-46 SEGERA DITINDAK LANJUTI DAN DIANGKAT CPNS TAHUN INI , SAYA SUDAH PENDATAAN TH 2 X TAHUN 2005 DAN 2010 , DEMIKIAN TERIMA KASIH .

  27. Yang jadi masalah sekarang bagaimana nasib kami pegawai honor daerah yang memiliki SK diatas Januari 2005 seperti saya dengan SK tertanggal Juni 2005…masa gak ada perhatiannya sama sekali!kami ini diangkat sebelum ada PP43….tetapi kenapa siy selalu ditonjolkan mesti 1 tahun terus terhitung januari/desember 2005…yang diangkat februari – desember 2005 bagaiamana!kayanya Pemerintah ini betul2 selalu membuat Peraturan yang tidak populer….

  28. Sy bersyukur dengan adaya kebijakan pemerintah yang akan mengangkat Tenaga Honorer yang dibiayai APBD dan seyogyanya diangkat pada tahun 2009, sekarang dengan adanya Surat Edaran terbuka ruang untuk mengabdi pada Bangsa dan Negara. dan kita masih nunggu dan harap-harap cemas perihal RPP sebagai payung hukum pengangakatan tenaga honorer. mudah-mudahan Allah SWT memberikan jalan, kemudahan dan kebaikan hati kepada pemangku kebijakan. Amin……………….

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

