POTONG KOMPAS JADI PNS TANPA MELALUI PRAJABATAN

Jaman serba canggih, semua serba instan, tapi ingat semuanya tidak bisa meninggalkan proses, yang instan hanyalah memindahkan proses di ujung pembuatan. Semua yang dipermudah pasti ada syaratnya, yang biasa saja pakai syarat…

Tidak ada awal yang mudah semua melalui proses. Dalam perjalanan hidup sekarang ini, adalah perjalanan sebuah misi. Misi kehidupan yang hanya sekali saja akan kita jalankan. One way Ticket!

Kehidupan tak akan pernah bisa di putar ulang. Tidak ada kesempatan kedua, dan harus berhasil. harus sukses. Bila sukses maka menang, bila tidak maka akan kalah dan hanya akan menjadi beban kehidupan. Beban keluarga, beban orang lain, beban masyarakat, beban negara dan bahkan beban dunia. Kehadiran kita hanya akan menjadi masalah dan masalah.

Setelah sukses dinyatakan diterima berdasarkan urutan nilai tertinggi sesuai dengan jumlah lowongan dan kualifikasi pendidikan yang tersedia. Peserta seleksi kemudian diwajibkan melapor ke pejabat yang berwenang, batas waktu melapor sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari kerja terhitung mulai tanggal dikirimkannya surat pemberitahuan tersebut.

Pelamar yang ditetapkan diterima, wajib melengkapi dan menyerahkan ke lengkapan administrasi kepada Pejabat Pembina Kepegawaian atau yang ditunjuk olehnya. Apabila salah satu kelengkapan administrasi tidak dapat dipenuhi, maka yang bersangkutan tidak dapat diangkat sebagai CPNS.

Berdasarkan Nomor Identitas (NIP) PNS yang bitetapkan BKN, Pejabat Pembina Kepegawaian menetapkan keputusan pengangkatan menjadi Calon PNS. Selambat-lambatnya dalam waktu 1 (satu) bulan sejak diterimanya surat keputusan pengangkatan CPNS, yang bersangkutan wajib melapor pada satuan organisasi dan melaksanakan tugasnya.

Hak atas gaji bagi CPNS adalah 80 % (delapan puluh persen) dari gaji pokok PNS, mulai berlaku pada tanggal yang bersangkutan secara nyata melakasanakan tugasnya yang dinyatakan dengan surat pernyataan oleh Kepala Kantor atau satuan organisasi yang bersangkutan. Surat pernyata-an telah melaksanakan tugas dibuat oleh Kepala Kantor atau satuan  organisasi selambat-lambatnya 2 (dua) bulan setelah yang bersangkutan secara nyata telah melaksanakan tugas

Selambat-lambatnya 2 (dua) bulan setelah surat pernyataan telah melaksa-nakan tugas dibuat, Pejabat Pembuat Daftar Gaji sudah mengajukan usul pembayaran gaji kepada Kepala KPKN/Kas Daerah

CPNS yang penempatannya jauh dari tempat tinggalnya, sudah dianggap nyata melaksanakan tugas sejak Ia berangkat menuju ke tempat tugasnya yang dibuktikan surat perintah perjalanan/ penugasan dari pejabat yang berwenang.

Sampai disini anda dinyatakan Sukses menjadi CPNS. Kalau potong kompas dari sini sudah dapat dilakukan, bila melalui prosedur dan proses yang sewajarnya anda harus melakukan yang dibawah ini :

CPNS yang telah menjalankan masa percobaan diangkat menjadi PNS dalam jabatan dan pangkat tertentu dengan keputusan Pejabat Pembina Kepegawaian. Pengangkatan tersebut ditetapkan apabila telah memenuhi syarat sebagai berikut::

1)     Setiap unsur penilaian prestasi kerja / DP 3 sekurang-kurangnya bernilai baik

2)     Telah memenuhi syarat kesehatan jasmani dan rohani untuk diangkat menjadi PNS

3)     Telah lulus Pendidikan dan pelatihan Prajabatan

Tanggal mulai berlakunya keputusan pengangkatan menjadi PNS tidak boleh berlaku surut.

Calon PNS yang telah menjalankan masa percobaan lebih dari 2 (dua) tahun dan telah memenuhi syarat untuk diangkat menjadi PNS, tetapi karena suatu sebab belum diangkat menjadi PNS, maka hanya dapat diangkat menjadi PNS apabila alasannya bukan karena kesalahan yang bersangkutan. Pengangkatan menjadi PNS Pusat bagi CPNS Pusat yang menjalani masa percobaan lebih dari 2 (dua) tahun ditetapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara. Sedangkan bagi CPNS Daerah yang akan diangkat menjadi PNS Daerah yang menjalani masa percobaan lebih 2 (dua) tahun ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian daerah Propinsi/Kabupa ten/Kota setelah mendapat pertimbangan teknis dari Kepala Kantor Regional BKN.

Nah bila anda ingin potong kompas dan tidak ingin mengikuti prajabatan langsung jadi PNS tanpa prajabatan dan waktu masa percobaannya hanya satu bulan, syaratnya dibawah ini :

Diangkat menjadi PNS terhitung mulai tanggal 1 (satu) pada bulan ditetapkannya surat keterangan Team  Penguji Kesehatan, bagi CPNS yang cacat karena dinas, yang oleh Team Penguji Kesehatan dinyatakan tidak dapat bekerja lagi dalam semua jabatan Negeri dan Calon Pegawai Negeri Sipil yang tewas diangkat menjadi PNS terhitung mulai tanggal 1 (satu) pada bulan yang bersangkutan dinyatakan tewas. kemudian keduanya diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dengan diberikan hak-hak kepegawaian sesuai peratutan perundangan yang berlaku.

Maaf semua seperti kata pak ustad ya, “untuk menggapai surga ada syaratnya yaitu mati”

Pengangkatan menjadi PNS bagi CPNS yang tewas atau cacat karena dinas ditetapkan dengan keputusan Kepala BKN/Kantor Regional BKN baik bagi CPNS Pusat maupun Daerah (PP N0 09 Tahun 2003);

Saran jangan sekali-sekali mencoba sesuatu yang belum diketahui dengan pasti akibatnya, sebaiknya yang dilakukan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku, selamat semoga sukses

Posted on 8 Desember 2009, in kepegawaian, motivasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Proses menunggu dalam penetapan NIP dari BKN kenapa memakan waktu sampai berbulan – bulan yach, mohon di informasikan ke email..
    Terima kasih.

    Untuk CPNS yang melalui sistem dan Prosedur,tetap bersabar yach,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: