DIKLAT PRAJABATAN

Untuk mewujudkan kepemerintahan dan pembangunan yang baik dan menjawab tuntutan masyarakat, diperlukan sosok PNS yang mempunyai kompetensi jabatan dalam melaksanakan tugas.

Untuk menciptakan aparatur yang memiliki kompetensi seperti dimaksud, diperlukan peningkatan mutu  profesionalisme, sikap pengabdian dan kesetiaan pada perjuangan bangsa dan negara, semangat kesatuan dan persatuan dan pengembangan wawasan PNS melalui Pendidikan dan Pelatihan  jabatan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari usaha pembinaan PNS.

Menurut  Peraturan Pemerintah  No.101 tahun 2000 Pendidikan dan Pelatihan PNS ( DIKLAT) adalah proses penyelenggaraan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan PNS.

JENIS DAN JENJANG

Diklat PNS terdiri dari 2 jenis

–          Diklat prajabatan

–          Diklat dalam jabatan

a.   Diklat prajabatan

Diklat prajabatan merupakan diklat yang dipersyaratkan dalam pengangkatan CPNS menjadi PNS . Setiap CPNS untuk dapat diangkat menjadi PNS wajib mengikuti dan lulus diklat prajabatan . CPNS wajib diikut sertakan dalam diklat prajabatan selambat lambatnya 2 tahun setelah pengangkatannya sebagai CPNS.

Diklat prajabatan dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang system penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dan peranannya sebagai pelayan masyarakat.

Diklat prajabatan terdiri dari

–          Diklat Prajabatan golongan I untuk menjadi PNS golongan I

–          Diklat prajabatan golongan II untuk menjadi PNS golongan II.

–          Diklat prajabatan golongan III untuk menjadi PNS golongan III.

b.      Diklat dalam jabatan

1) Diklat Kepemimpinan

Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan atau disingkat Diklatpim dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jenjang jabatan struktural yang diemban.

2) Diklat fungsional

Diklat Fungsional merupakan diklat yang dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi yang sesuai dengan jenis dan jenjang jabatan fungsional masing-masing.

3) Diklat teknis

Diklat Teknis merupakan diklat yang dilaksanakan untuk mencapai persya ratan kompetensi teknis yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas PNS .

Posted on 2 Februari 2010, in kepegawaian and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Mas…… saya mau tanya nih, saya baru saja lulus PNS daerah. Biasanya untuk menunggu SK nya turun itu berapa lama?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: