PNS DIBERHENTIKAN KARENA MENCAPAI BATAS USIA PENSIUN

Batas usia pensiun seorang PNS adalah 56 (lima puluh enam tahun). Namun demikian bagi PNS yang menjabat jabatan tertentu dapat diperpanjang samapi usia tertentu.

Pegawai Negeri Sipil yang telah mencapai batas usia pensiun diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dan kepadanya diberikan hak-hak kepegawaian sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Pegawai Negeri Sipil yang menjabat jabatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1979, apabila tidak menjabat lagi jabatan tersebut, diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dengan mendapat hak-hak kepegawaian sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Pegawai Negeri Sipil yang menjabat jabatan tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1979, apabila ia diberhentikan dari jabatannya dan ada rencana dalam waktu singkat mengangkatnya dalam jabatan yang setingkat atau lebih tinggi, maka menunggu pengangkatannya dalam jabatan baru, PNS yang bersangkutan tidak diberhentikan sebagai PNS dan dalam waktu 6 (enam) bulan sudah harus ada keputusan  pengangkatan dalam jabatan baru tersebut.

Selambat-lambatnya 15 (lima belas) bulan sebelum PNS mencapai batas usia pensiun, pimpinan instansi wajib memberitahukan kepada PNS yang bersangkut-an, bahwa ia akan diberhentikan sebagai PNS. Berdasarkan pemberitahuan tersebut, PNS mengajukan permohonan berhenti dengan hak pensiun.

Pegawai Negeri Sipil yang telah mencapai Batas usia pensiun tetapi tidak mengajukan permohonan berhenti, diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dengan mendapat hak-hak kepegawaian sesuai peraturan perundangan yang berlaku berdasarkan data yang ada pada instansi yang bersangkutan.

PNS yang diberhentikan dengan hormat dengan hak pensiun karena mencapai batas usia pensiun, dapat diberikan kenaikan pangkat pengabdian setingkat lebih tinggi apabila :

1)      Memiliki masa bekerja sebagai PNS selama  :

a)      Sekurang-kurangnya 30 (tiga puluh) tahun secara terus menerus dan sekurang-kurangnya telah satu bulan dalam pangkat terakhir

b)      Sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) tahun secara terus menerus dan sekurang-kurangnya telah satu tahun dalam pangkat terakhir

c)      Sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun secara terus menerus dan sekurang-kurangnya telah 2 tahun dalam pangkat terakhir

2)      Setiap unsur Penilaian Prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam l (satu) tahun terakhir

3)      Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dalam satu tahun terakhir.

4)      Masa bekerja sebagai PNS secara terus menerus dimaksud dalam ketentuan ini adalah masa kerja yang dihitung sejak diangkat menjadi CPNS atau PNS sampai dengan yang bersangkutan meninggal dunia atau mencapai batas usia pensiun dan tidak terputus statusnya sebagai PNS.

Kenaikan pangkat Pengabdian bagi PNS yang mencapai batas usia pensiun berlaku terhitung mulai tanggal l (satu) pada bulan yang bersangkutan diberhentikan dengan hormat dengan hak pensiun.

DASAR HUKUM silahkan Download

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 jo. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 Tentang Pemberhentian
  2. Keputusan Kepala BKN No. 12 Tahun 2002. Tentang Kenaikan Pangkat

Posted on 19 Maret 2010, in kepegawaian and tagged . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Artikel yang bagus mas… Apalagi keluarga sy banyak yg PNS.. Trims ya…

  2. Ndak ngerti, drpd ga ninggalin jejak hehe

  3. heheh pingin jadi PNS juga nuyy hahah

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: