PNS DIBERHENTIKAN KARENA PENYEDERHANAAN ORGANISASI

Perubahan satuan-satuan organisasi negara adakalanya mengakibatkan kelebihan PNS. Apabila terjadi hal yang demikian, maka PNS yang kelebihan itu disalurkan kepada satuan organisasi negara lainnya.

Instansi yang karena disederhanakan organisasinya kemudian menyusun daftar PNS tersebut dan menyampaikan kepada kepala BKN. Kemudian BKN mengatur  penyaluran kelebihan PNS tersebut setelah berkonsultasi dengan Pimpinan Instansi yang membutuhkan.

Apabila  kelebihan PNS karena adanya penyederhanaan organisasi tidak mungkin disalurkan kepada Instansi lain maka PNS tersebut diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dengan hak kepegawaian sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

  1. Apabila telah mencapai usia 50 (lima puluh) tahun dan memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun, maka ia diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dengan hak pensiun.
  2. Apabila usia belum mencapai 50 (lima puluh) tahun dan atau belum memiliki masa kerja 10 (sepuluh) tahun, maka ia diberhentikan dengan hormat dari jabatan negeri dengan mendapat uang tunggu.
  1. Uang tunggu tersebut diberikan untuk waktu paling lama 1 (satu) tahun, dan dapat diperpanjang tiap-tiap kali untuk paling lama 1 (satu) tahun, dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 5 (lima)  tahun. Apabila pada saat berakhirnya pemberian uang tunggu usia PNS telah mencapai 50 (lima puluh) tahun dan memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun, maka ia diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dengan hak pensiun
  2. Apabila PNS tersebut di atas pada saat berakhirnya uang tunggu belum mencapai usia 50 (lima puluh) tahun tetapi telah memiliki masa kerja 10 (sepuluh) tahun maka ia diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dengan hak pensiun yang diberikan pada saat ia mencapai usia 50 tahun.
  3. Apabila PNS tersebut diatas pada saat berakhirnya uang tunggu telah mencapai usia 50 tahun tetapi masa kerja kurang dari 10 tahun maka ia diberhentikan dengan hormat sebagai PNS tanpa hak pensiun.

Hak-Hak Kepegawaian

Pegawai Negeri Sipil yang diberhentikan sebagai akibat penyederhanaan organisasi, diberhentikan dengan hormat dengan diberikan hak-hak kepegawaian sbb:

  • diberikan hak pensiun bila usia sekurang-kurangnya 50 (lima puluh) tahun dan mempunyai masa kerja sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun ;
  • diberhentikan dari jabatan negeri dengan diberikan uang tunggu, bila belum memenuhi usia dan masa kerja dimaksud

Uang Tunggu

Lamanya pemberian uang tunggu 1 tahun dan dapat diperpanjang setiap kali paling lama 1 tahun, dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 5 tahun

Besarnya uang tunggu

–         80 % dari gaji pokok untuk tahun pertama

–         75 % dari gaji pokok untuk tahun selanjutnya

Selama menjalani uang tunggu, masih berstatus sebagai PNS, sehingga berhak  diberikan kenaikan gaji berkala, tunjangan keluarga, tunjangan pangan.

PNS yang selesai menjalani uang tunggu:

  • telah berusia sekurang-kurangnya 50 tahun dan masa kerja sekurang-kurangnya 10 tahun diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dengan hak pensiun ;
  • telah memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 10 tahun tetapi belum mencapai usia 50 tahun,  maka ia diberhentikan dengan hormat sebagai PNS tetapi pensiunnya baru diberikan terhitung mulai tanggal  satu bulan berikutnya  ia mencapai usia 50 tahun
  • belum mencapai usia 50 tahun dan masa kerja kurang dari 10 tahun maka ia diberhentikan dengan hormat sebagai PNS tanpa hak pensiun

Tulisan yang sesuai :

1. PNS diberhentikan karena mencapai batas usia pensiun.

2. Pemberhentian CPNS

3. Tahapan-tahapan pengangkatan dan penempatan PNS

Posted on 24 Maret 2010, in kepegawaian, peberhentian and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: